Jumat, Januari 02, 2009

Hasil Liga Premier

Liverpool Akhiri Rekor Chelsea
Chelsea 0 Liverpool 1


26 Oktober 2008,
EmpicsWalau tanpa Fernando Torres dan harus bertandang ke Stamford Bridge, Liverpool mampu mengakhiri rekor tak terkalahkan Chelsea dengan menang 1-0 dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Rekor tak terkalahkan di Premiership musim ini kini hanya dimiliki oleh Liverpool.

Ini adalah pertarungan dua klub yang sama-sama belum terkalahkan dan sama-sama juga menghuni posisi teratas liga. Chelsea sendiri tercatat belum pernah terkalahkan di kandangnya sejak tahun 2004.

Tanpa Torres, Rafa Benitez memplot Robbie Keane sebagai striker tunggal di depan yang didukung oleh Steven Gerrard sebagai pemain bebas di belakangnya.

Awal pertandingan, kedua tim tampak sama-sama menggunakan lebar lapangan dan mengupayakan serangan dari sayap demi menusuk pertahanan lawan. Sentral lapangan tengah yang penuh memang tidak ideal dipaksakan sebagai awal serangan. Chelsea pun terlihat tajam di 10 menit pertama dengan sudah menuai dua peluang, masing-masing melalui Anelka dan Deco.

Menit 10, berawal dari lemparan ke dalam, Kuyt menyundul bola ke tengah, di luar kotak penalti Chelsea. Xabi Alonso yang menunggu langsung mencoba dengan tendangan jarak jauhnya, bola sempat mengenai bek kanan Bosingwa sebelum masuk ke gawang Petr Cech. 0-1 untuk Si Merah.

Gol yang termasuk cepat ini membuat tuan rumah Chelsea terperangah dan harus menyerang lebih gencar, namun Scolari terlihat sedikit merubah taktiknya. Playmaker Deco tampak terlalu diberikan kebebasan oleh Scolari dengan kini banyak terlalu lama menahan bola di tengah, taktik ini menjadi riskan karena daerah lini tengah telah terlalu sempit untuk berimprovisasi.

Justru Liverpool yang terlihat begitu berbahaya lewat serangan kilatnya. Setelah peluang dari Albert Riera yang menerobos dari sayap kiri mentah, giliran Steven Gerrard mencoba tendangan voli jarak jauh yang harus ditip keluar oleh Cech.

Sementara Chelsea banyak melakukan terobosan dari sayap kanan melalui bek Bosingwa, namun banyaknya crossing tidak menggoyahkan lini belakang Liverpool yang digalang baik sekali oleh Jamie Carragher dan Daniel Agger.

Walaupun lebih banyak menguasai bola, namun pemain Chelsea terlihat tidak menemukan ide dan iramanya, bukti bahwa taktik Rafa berjalan lancar di awal babak pertama. Turun minum, skor tetap 0-1 bagi tim tamu.

Babak kedua dimulai, serangan Chelsea terlihat mulai lebih menggigit. Menit 58, Scolari menarik keluar Florent Malouda dan Salomon Kalou untuk digantikan oleh Juliano Beletti dan striker muda yang mempunyai tinggi 193cm, Franco Di Santo.

Chelsea terlihat mulai frustrasi dengan bertambahnya pelanggaran terhadap pemain Liverpool. Tetapi mereka mempunyai peluang emas di menit 74 saat Di Santo mengirimkan umpan dengan kepalanya tepat kepada Ashley Cole. Namun tendangan bek kiri timnas Inggris tersebut masih melebar dari gawang Pepe Reina.

Skor 0-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan dua klub yang mempunyai taktikus ulung dalam diri Rafa Benitez dan Luis Felipe Scolari, selamat bagi Rafa yang kali ini memenangkan duel taktik melawan Scolari. Liverpool pun langsung menyeruak ke posisi pertama klasemen Liga Premier.

Gol Liverpool:
Xabi Alonso (10')

Chelsea: Cech, Bosingwa, Carvalho, Terry, Ashley Cole, Mikel, Kalou, Deco, Lampard, Malouda, Anelka.
Cadangan: Cudicini, Ivanovic, Di Santo, Sinclair, Ferreira, Alex, Belletti.

Liverpool: Reina, Arbeloa, Carragher, Agger, Aurelio, Alonso, Mascherano, Kuyt, Gerrard, Riera, Keane.
Cadangan: Cavalieri, Dossena, Hyypia, Benayoun, Pennant, Babel, Leiva Lucas.

Tidak ada komentar: